Senin, 30 Oktober 2017

Apa Itu SMSC??




Apa Itu SMSC?? Kepanjangan SMSC adalah Short Message Servece Center, yang artinya pusat layanan pesan singkat yang bertanggung jawab untuk menangani relay pesan teks SMS untuk operator telekomunika utama seperti Verizon dan T-Mobile. Tujuan utamanya adalah merutakan pesan SMS dan mengatur prosesnya. Gambarannya itu seperti botol minum yang terisi air dan siap diminum. maksudnya jika kalian mengirim SMS lewat ponsel keteman kalian, tapi ponsel teman kalian sedang tidak aktif atau mungkin lebih parah, maka pesan yang kalian kirim akan disimpan oleh SMSC sampai ponsel teman kalian aktif.
Dan Sebelum kalian mengirim SMS lewat ponsel, kalian harus tau alamat SMSC operator jaringan nirkabel. Biasanya, alamat SMSC adalah nomor telephon biasa dalam format internasional. Biasanya juga, alamat SMSC diatrur dalam kartu SIM dalam operator jaringan nirkabel. Artinya kalian tidak perlu repot - repot melakukan perubahan atau pencarian alamat SMSC.
Sebagai Info tambahan , SS7 (Signalling System No.7/ Sistem Sinyal No.7) merupakan seperangkat protokol pensinyalan telepon yang dikembangkan pada tahun 1975, yang digunakan untuk mengatur dan merobohkan sebagian besar telepon jaringan telepon umum bergantian (PSTN)  dan juga nisa melakukan terjemahan jumlah, portabilitas nomor lokal, penagihan prabayar, SMS, dan layanan pasar massal lainnya. Sinyal yang digunakan SS7 adalh kanal umum, yang mana jalur dan fasilitas yang digunakan itu terpisah dan berbeda dari saluran telekomunikasi yang melakukan percakapan telepon.
SS7, yang merupakan protokol komunikasi berbasis paket berkecepatan tinggi dan berkinerja tinggi , dapat mengkomunikasikan sejumlah besar informasi saat membuat panggilan , selama panggilan berlangsung, dan diakhir panggilan.
SS7 juga sering disebut sebagai penyedia SMS gateway. SS7 mengacu pada protokol transmisi dan penerimaan pesan pesan teks dari ponsel ke SMSC operator besar. penyedia SMS Gateway atau penyedia SS7, memiliki perjanjian khusus dengan jaringan seluler besar untuk mengirim dan menerima pesan melalui protokol SS7 jaringan bergerak.
SS7 mengacu pada protokol transmisi dan penerimaan teks dari operator seluler besar ke ponsel tujuan.penyedia SMS Gateway tidak memiliki akses ke protokol SS7 jadi semua jaringan lalulintas harus diarahkan ke jarigan seluler besar. 
 

0 komentar:

Posting Komentar