Jumat, 27 Oktober 2017

Apa itu SMS Gateway???

 Apa itu  SMS Gateway ?? apa kalian ingin mengetahuinya?? Kalau mau simak penjelasan dibawah ini yaa...

   Salah satu masalah pesan SMS adalah SMSC yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda, menggunakan protokol komunikasi mereka sendiri dan sebagian besar protokol ini menggunakan protokol komunikasi mereka sendiri dan sebagian besar protokol ini bersifat propietari. Misal nya, Nokia memiliki protokol SMSC yang disebut CIMD sedangkan vendor SMSC lainnya , CMG, memiliki protokol SMSC yang disebut EMI.
    Kami tidak dapat menghubungkan dua SMSC jika tidak mendukung protokol nya (tidak umum). Untuk mengatasi masalah ini, SMS gateway ditempatkan diantara dua SMSC.SMS Gateway bertindak sebagai relay antara dua SMSC.
    Menerjemahkan satu protokol SMSC ke protokol SMSC yang lainnya. Dengan cara ini dapat digunakan oleh dua operator nirkabel yang berbeda untuk menghubungkan SMSC, dengan tujuan seperti memungkinkan pertukaran pesan SMS antar operator.
    Selain operator nirkabel, penyedia konten dan pengembang aplikasi SMS juga dapat menemukan SMS gateway yang berguna. Untuk mengirim dan menerima pesan teks SMS di server, salah satu caranya adalah menyambung di SMSC dari operator nirkabel. Operator nirkabel yang berbeda mungkin menggunakan SMC dari vendor yang berbeda, yang berarti aplikasi pesan teks SMS mungkin perlu mendukung beberpa protokol khusus SMSC. Akibatnya kerumitan Aplikasi pesan teks SMS dan waktu pengembangan meningkat.
    Untuk menyelesaikan masalah tersebut, SMS Gateway dapat diatur untuk menangani koneksi ke SMSC. sekarang aplikasi pesan teksSMS hanya perlu mengetahui bagaimana cara menyambung ke SMS Gateway. tidak ada perubahan pada kode sumber dari aplikasi pesan teks SMS.
    Untuk terhubung ke SMS Gateway kalian bisa menggunakan protokol SMSC seperti SMPP dan CIMD. Beberapa SMS Gateway mendukung antar muka HTTP / HTTPS.HTTP / HTTPS lebih mudah digunakan daripada protokol SMSC. Kelemahan nya adalah mungkin ada lebih sedikit fitur SMS yang bisa digunakan. Misalnya, SMS Gateway mungkin bisa mendukung pengiriman pesan gambar melalui antarmuka HTTP / HTTPS.
    Selain menggunakan koneksi langsung ke SMSC dari operator nirkabel, cara lain untuk mengirim dan menerima pesan teks SMS di komputer adalah menggunakan modem ponsel atau GSM / GPRS. untuk melakukan ini, aplikasi pesan teks SMS kalian harus mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan telepon seluler atau modem GSM / GPRS menggunaka AT.
    Beberapa SMS Gateway mampu menangani koneksi ke ponsel dan modem GSM / GPRS, untuk mengirim dan menerima pesan teks SMS dengan modem ponsel atau GSM / GPRS. Aplikasi pesan teks SMS hanya perlu mengetahui bagai mana cara berbicara dengan SMS Gateway dan tidak perlu mengetahui perintah AT.

0 komentar:

Posting Komentar